Cara Mudah Membuat Server VPN Pada Windows 8

Hariantekno.comCara Mudah Membuat Server VPN Pada Windows 8 - VPN mulai banyak dikenal di Indonesia akhir – akhir ini, namun bagi sebagian pengguna VPN masih cukup asing bisa membuat server VPN sendiri menggunakan bantuan Windows 8. Meskipun tak begitu rumit, namun membuat server VPN juga membutuhkan sedikit skil komputer, berikut ulasannya.

Langkah pembuatan serverCara Mudah Membuat Server VPN Pada Windows 8 VPN yang pertama adalah anda perlu membuka sebuah jendela Network Connection. Jika anda ingin membuka ini dengan cepat anda dapat membuka dengan menekan terlebih dahulu tombol Windows, kemudian ketik ncpa.cpl dan kemudian menekan enter.

Kemudian tekan lagi tombol Alt kemudian klik di menu file yang telah muncul lalu anda dapat memilih New Incoming Connection. Selanjutnya anda dapat memilih account pengguna agar dapat terhubung secara remote.

Jika anda ingin membuat akun baru anda dapat mengklik add someone untuk menambah akun baru. Kemudian pilih koneksi yang ada pada VPN yang melalui internet. Anda dapat juga mengoneksikan dengan melalui dial-up bila anda memiliki perangkat kerasnya.

Selanjutnya anda dapat memilih protocol suatu jaringan yang harus di aktifkan agar koneksi terhubung. Selanjutnya klik tombol yang bertuliskan Allow Access dan pada windows akan mengatur server APN. Anda selanjutnya akan login ke sebuah halaman konfigurasi router dan maju ke port 1723 pada alamat IP komputer dimana Anda dapat mengatur server VPN.

Untuk keamanan yang maksimal, Anda mungkin menginginkan membuat aturan port forwarding untuk dapat meneruskan acak pada port eksternal yang seperti 23243 yang di gunakan untuk “port internal” 1723 di komputer Anda.

Ha Ini juga akan memungkinkan Anda akan terhubung ke sebuah server VPN dengan menggunakan port 23243,serta juga akan melindungi Anda dari sebuah program jahat yang akan berusaha memindai secara otomatis yang memungkinkan terhubung ke sebuah server VPN yang kemudian berjalan pada port default.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk dapat menggunakan router atau yang biasa di sebut firewall hanya dengan mengizinkan koneksi dapat masuk melalui alamat IP tertentu. Untuk memastikan Anda agar selalu bisa terhubung ke sebuah server VPN, Anda mungkin menginginkan melakukan pengaturan layanan DNS yang dinamis seperti contohnya DynDNS di router Anda .

Untuk dapat menyambung ke sebuah server VPN, Anda mungkin akan membutuhkan sebuah IP publik komputer dan alamat IP di Internet ataupun alamat yang secara dinamis adalah DNS, jika Anda dapat membuat sebuah layanan DNS dinamis.

Gunakan untuk Menghubungkan ke sebuah jaringan pilihan di Windows dan Anda dapat memasukkan alamat publik IP ke komputer Anda. Kemudian Memberikan username serta password yang telah Anda buat untuk melakukan login.